Kamis, 02 Mei 2013

Rangkaian ini adalah sistem keamanan sederhana dan murah berbasis Laser. Rangkaian Sistem Keamanan Laser ini adalah rangkaian sederhana menggunakan LM358 OP-AMP dan Timer LM555. Rangkaian ini dipicu ketika sinar Laser jatuh pada interupsi LDR yang terdengar ketika bel terhubung. Rangkaian ini dapat digunakan untuk melindungi barang berharga Anda, uang, ruangan dan lain-lain. Dengan menggunakan pengaturan cermin yang berbeda, Anda dapat membentuk sistem keamanan yang berbeda. Hal ini juga dapat digunakan untuk melindungi lebih dari satu objek sesuai dengan pengaturan cermin. Salah satu susunan yang benar ditunjukkan di bawah ini.



Dalam pengaturan ini cermin B, C, D diatur sedemikian rupa sehingga sinar yang dipantulkan membuat sudut 90 ° pada balok insiden dan cermin A ditempatkan sedemikian rupa sehingga bentuk balok Laser jatuh pada Cermin B dan balok dari cermin D jatuh pada LDR.
Di Rangkaian Sistem Keamanan Laser ini IC LM358 bekerja sebagai komparator dan IC LM555 sebagai multivibrator bistable. Transistor BC548 sebagai saklar untuk memberikan pemicu negatif pada pin 2 dari LM555. Potensiometer 50K digunakan untuk mengatur sensitivitas/kepekaan rangkaian.


Ketika sesuatu mengganggu sinar laser pada Rangkaian Sistem Keamanan Laser, LDR akan mengalami kegelapan yang meningkatkan daya tahan seluruh LDR, yang pada gilirannya meningkatkan tegangan di atasnya. Ketika tegangan pada terminal non-inverting/bukan pembalik (PIN 3) akan lebih besar dari output terminal pembalikan/inverting (PIN 2) dari komparator yang naik. Dengan demikian output dari transistor turun/rendah dan memicu IC 555 yang membunyikan bel.

0 komentar :

Posting Komentar